Spesifikasi Kebutuhan Software

Leave a Comment

Kebutuhan Perangkat Lunak adalah kondisi, kriteria, syarat atau kemampuan yang harus dimiliki oleh perangkat lunak untuk memenuhi apa yang disyaratkan atau diinginkan pemakai.

Jenis perangkat lunak :
  1. Kebutuhan fungsional : kebutuhan yang berkaitan dengan fungsi atau proses transformasi yang harus mampu dikerjakan oleh perangkat lunak. contoh : perangkat lunak harus dapat menyimpan semua rincian data pesanan pelanggan
  2. Kebutuhan Antarmuka : kebutuhan yang menghubungkan perangkat lunak dengan elemen perangkat keras, perangkat lunak, atau basis data. contoh : perangkat untuk input data dapat berupa keyboard, mouse, dan scanner.
  3. Kebutuhan unjuk kerja : kebutuhan yang menetapkan karakteristik unjuk kerja yang harus dimiliki oleh perangkat lunak. contoh : perangkat lunak harus bisa mengolah data sampai 1juta record untuk tiap transaksi.


Diagram Aliran Data/Data Flow Diagram : Diagram untuk menggambarkan aliaran data dalam sistem, sumber dan tujuan data, proses yang mengolah data tersebut dan tempat penyimpanan data.

Aturan Pembuatan Diagram Aliran Data:
  1. Setiap proses wajib memiliki data masukan dan data keluaran, selain itu TERLARANG.
  2. Nama proses wajib menggunakan kata kerja
  3. Data store tidak boleh mengalir langsung dari/ke data store lain, harus melalui proses dulu.
  4. Data store tidak boleh mengalir langsung ke tujuan data/entitas, harus melalui proses dulu (idem dengan yang diatas)
  5. Nama data store harus menggunakan kata benda
  6. Entitas tidak boleh mengalir dari sumber data ke tujuan data, harus melalui proses (serba lewat proses deh pokoknya)
  7. Nama entitas harus menggunakan kata benda
  8. Aliran data hanya boleh memiliki satu arah aliran, aliran dua arah hanya boleh dimiliki antara proses dengan data store yang menunjukkan pembacaan dan peng-update-an data.
  9. Aliran data yang sama yang menuju beberapa proses, data store atau entitas data yang berbeda, boleh digambarkan bercabang
  10.  Aliran data yang sama yang dari beberapa proses, data store atau entitass data yang menuju satu proses tertentu boleh digambarkan bercabang.
  11. Aliran data tidak boleh mengalir ke dirinya sendiri
  12. Nama aliran data menggunakan kata benda.

  
Kamus data : merupakan suatu tempat penyimpanan (gudang) dari data dan informasi yang dibutuhkan oleh suatu sistem informasi. kamus data digunakan untuk mendeskripsikan rincian aliran data atau informasi yang mengalir dalam sistem, elemen data, file maupun basis data dalam DFD.
Spesifikasi Proses : merupakan metode yang digunakan untuk menggambarkan deskripsi dan spesifikasi dari setiap proses yang paling rendah yang ada pada sistem


Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar

Movicwon Art. Diberdayakan oleh Blogger.