Desain Sistem Informasi

Leave a Comment

DESAIN SISTEM INFORMASI


Pengertian Desain Sistem Infomasi
Desain sistem adalah sebuah proses menerjemahkan kebutuhan pemakai informasi ke dalam alternatif rancangan sistem informasi. Desain sistem dilakukan berdasarkan informasi yang didapatkan oleh analisis sistem.

Menurut George M.Scott
Desain  sistem  menentukan  bagaimana  suatu  sistem  akan menyelesaikan  apa  yang  mesti  diselesaikan,   tahap  ini menyangkut  mengkonfigurasi  dari  komponen-  komponen perangkat  lunak  dan  perangkat  keras  dari  suatu  sistem sehingga  setelah  instalasi  dari  sistem  akan  benar-  benar memuaskan  rancang  bangun  yang  telah  di  tetapkan  pada akhier tahap analisis sistem.
Mendefinisikan desain sistem sebagai penggambaran, perencanaan, dan pembuatan sketsa atau pengaturan beberapa elemen yang terpisah ke dalam satu kesatuan yang utuh dan berfungsi. sebuah proses yang terdiri atas lima kegiatan.
  1. Menentukan secara tepat dan terperinci kebutuhan dan bentuk-bentuk informasi yang sebenarnya diperlukan untuk menunjang.
  2. Mengatur semua kebutuhan serta membaginya secara sistematis pada beberapa tahap dan bagian, yang nantinya akan dioperasikan secara standar untuk menghemat waktu dan biaya.
  3. Menentukan cara pelaksanaan tiap-tiap tugas tersebut.
  4. Menentukan tingkat ukuran mutu untuk menilai keberhasilan dan Ketidak berhasilan dari tiap-tiap performa tugas-tugas tersebut.
  5. Menghilangkan sebanyak mungkin pekerjaan yang akan menghambat implementasi sistem, seperti terjadinya duplikasi (pengulangan yang tidak perlu) mengenai fungsi, tujuan operasi, data, formulir-formulir data masukan, dan laporan-laporan yang sejenis. Disamping itu, juga mengurangi sebanyak mungkin hal-hal yang tidak bermanfaat, yang mungkin terdapat dalam sistem dan prosedur, aliran data yang tidak efisien, dan laporan-laporan yang kurang bermanfaat atau bahkan tidak berguna.


Tujuan Desain Sistem
a.   Untuk memenuhi kebutuhan pemakai system, Tujuan ini adalah tujuan dari Desain Sistem Secara Umum ( General System Design ),
b.  Untuk memberikan gambaran yang jelas dan rancang bangun yang lengkap kepada programmer computer dan ahli-ahli teknik lainya yang terlibat. Tujuan ini adalah tujuan dari Desain Sistem Secara Rinci ( Detailed System Design).

Contoh Desain Sistem


Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar

Movicwon Art. Diberdayakan oleh Blogger.